Senin, 14 Maret 2016

DIALOG INTERAKTIF HMJ AKUNTANSI 2016




Pada hari Selasa, 8 Maret 2016, HMJ Akuntansi FE UM menyelenggarakan acara Dialog Interaktif dengan tema “Sosialisasi Informasi Akademik dan Program Kerja Jurusan Akuntansi”. Dialog Interaktif merupakan salah satu program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi. Adannya Dialog Interaktif kali ini bertujuan untuk menjembatani informasi yang akan disampaikan oleh pihak jurusan kepada mahasiswa jurusan akuntansi mengenai KKN, KKNA, Skripsi dan Tugas Akhir.
Peserta dialog interaktif merupakan mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2013, 2014, dan 2015. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah undangan yaitu Bapak Sugeng Hadi Utomo selaku Wakil Dekan III FE UMsebagai pembuka acara Dialog Interaktif, Ibu Nurika Restuningdyah dan Ibu Sulastri selaku Pemateri dalam acara Dialog Interaktif. Selain itu, sejumlah Dewan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Demissioner HMJ Akuntansi pun ikut hadir dalam acara ini.
Acara Dialog Interaktif dimulai pada pukul 08.15. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesian raya oleh seluruh peserta dan undangan. Kemudian dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Rofiqi Ariyanto sebagai ketua pelaksana dan sambutan oleh ketua himpunan, Moch. Iqbal Herdiyanto. Akhirnya acara dialog interaktif secara resmi dibuka oleh Bapak Sugeng Hadi Utomo pada pukul 08.36. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a.
Pada 08.42 acara dialog interaktif memasuki acara inti, yakni penyampaian materi mengenai KKN, KKNA, Skripsi dan Tugas Akhir. Dalam dialog interaktif kali ini penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi yaitu materi oleh Ibu Sulastri dan yang kedua adalah materi dari Ibu Nurika yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Sesi pertama adalah penyampaian materi mengenai KKN oleh Ibu Sulastri. Dalam sesi ini pemateri menjelaskan bahwa KKN baru bisa diambil jika mahasiswa telah menempuh minimal 100 sks. KKN dibagi menjadi 2, yaitu KKN Reguler dan KKN alternatif (KKNA). KKN regular adalah KKN yang dikelola dan dinaungi oleh LP2M, sedangkan KKNA adalah KKN yang dikelola oleh pihak jurusan. Perbedaan antara KKN regular dan KKNA, jika KKN regular tempat pelaksanaan KKN secara langsung akan ditentukan oleh pihak LP2M, lama waktu pelaksanaan KKN adalah 30 hari dan biasanya peserta KKN akan digabung dengan mahasiswa dari jurusan lain. Sedangkan KKNA tempat pelaksanaan KKN mahasiswa harus mencari dan mengusulkan sendiri, KKNA dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok maksimal 2 mahasiswa. Lama waktu pelaksanaan KKN adalah 5 minggu. Materi pertama berjalan dengan tenang dan antusiasme peserta yang tinggi.

Setelah materi pertama berjalan dengan lancar, kemudian dilanjutkan dengan materi kedua mengenai skripsi dan tugas akhir yang disampaikan oleh Ibu Nurika. Dalam sesi ini, pemateri menyampaikan jika pada tahun ini terdapat perubahan dalam pembuatan skripsi. Perubahan yang dilakukan meliputi: saat ini jurusan telah membentuk dosen Kelompok Bimbingan keahlian (KBK) yang terbagi atas beberapa bidang, misalnya bidang akuntansi keuangan, bidang akuntansi manajemen dan biaya, Manajemen keuangan dan ivestasi, serta pendidikan dan pembelajaran akuntansi. Setiap KBK telah disediakan tema penelitian. Dosen yang akan menjadi pembimbing skripsi mahasiswa ketika menyusun skipsi adalah dosen yang ada di KBK sesuai tema yang telah diambil mahasiswa. Mulai tahun ini, pembimbing skripsi hanya 1 orang, namun terdapat 2 dosen penguji. Dalam pemaparan materinya, Ibu Nurika juga menyampaikan bahwa mahasiswa bisa tidak mengambil skripsi dengan syarat, jika telah berhasil membuat jurnal yang berhubungan dengan akuntansi, Jurnal yang dibuat terpublikasi di jurnal nasional atau pun jurnal internasional yang terakreditasi.
Setelah penyampaian materi selesai, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini banyak mahasiswa yang antusias mengacungkan tangan dan bertanya kepada pemateri mengenai KKN, KKNA, Skripsi dan Tugas akhir. Para pemateri menjawab dan menjelaskan  satu persatu pertanyaan peserta degan sangat baik. Setelah sesi tanya jawab berakhir, moderator menyimpulkan serta menutup penyampaian materi.
Setelah peyampaian materi mengenai KKN, KKNA, Skripsi dan Tugas Akhir selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara sosialisasi program kerja yang akan dilaksanakan oleh HMJ Akuntansi selama  periode ke depan. Sosialisasi program kerja HMJ Akuntansi ini disampaikan secara langsung oleh ketua himpunan Akuntansi, Moch. Iqbal herdiyanto. Selama sosialisasi peserta diperbolehkan menanggapi ataupun memberikan saran terhadap program kerja HMJ Akuntansi. Akhirnya acara Dialog Interaktif berakhir dan  oleh MC pada pukul 11.00.
            Nah, menarik bukan program kerja yang dilaksanakan HMJ Akuntansi. Terus update dan stay di blog Himaaksi yaa J See you next time
hima.aksi.fe.um Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM

Satu Jiwa! Satu Aksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar