Minggu, 10 Mei 2015

LKMO Hima-Aksi 2015






Salah satu sesi wajib yang harus diikuti oleh pengurus baru Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi tahun 2015 adalah pendidikan/pelatihan dasar ata lebih sering disebut sebagai LKMO (Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisasi). LKMO ini merupakan pelatihan dasar dalam organisasi sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi seperti LKMTD (Latihan Kepemimpinan Manajemen Tingkat Dasar). HMJ Akuntansi 2015 baru saja selesai melaksanakan Proker LKMO selama 2 hari pada tanggal 11-12 April 2015. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain menjadi panitia acara, pengurus HMJ Akuntansi juga merangkap sebagai peserta. Dalam proker ini pematerinya adalah dari jajaran DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi).

Acara dimulai pada hari Sabtu, 11 April 2015 pukul 10.00 di depan gedung D4 dengan serangkaian upacara pembukaan oleh ketua Pelaksana dan Ketua Himpunan yang dilanjutkan dengan pemberangkatan seluruh peserta ke tempat pelakasanaan acara, vila Vivi yang terletak di Kota Batu. Sesampai di vila pengurus HMJ Wkuntansi langsung beristirahat sekaligus makan siang yang dilanjutkan dengan sholat dzuhur. Setelah sholah acara dimulai kembali sesuai rundown acara yaitu pembukaan secara resmi oleh wakil dekan III Fakultas Ekonomi Bapak Sugeng. Setelah dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dari siang sampai sore hari oleh materi-materi dari DPO. Pemateri pertama adalah Chandra Bimantara yang merupakan matan Ketua HMJ Akuntansi tahun sebelumnya, yang menjabat sebagai Ketua DMF (Dewan Mahasiswa Fakultas) tahun ini. Dalam materinya Chandra Bimantara mengambil tema Leadership dan Kindship yang menjelaskan tentang pentingnya jiwa kepemimpinan dan kekeluargaan dalam suatu organisasi. Lanjut kepada materi kedua yang diisi oleh Alfian Nurdiansyah, ketua BEM-FE tahun lalu yang menjelaskan materi tentang Management Change. Materi ini pada dasarnya hampir sama dengan materi sebelumnya, tetapi lebih berkonsentrasi pada internal dalam organisasi seperti resource, management dan goal yang terdapat dalam organisasi. LKMO hari pertama masih dilanjutkan dengan malam keakraban dimana setiap kelompok menampilkan penampilan yang telah disiapkan dan diakhiri game oleh DPO.

Hari kedua LKMO lebih difokuskan pada kegiatan dan pembelajaran diluar ruangan. Diawali dari senam pagi bersama yang kemudian delanjutkan dengan permainan outbond dilapangan yang juga dipandu oleh DPO. Outbond yang dilaksanakan juga masih terkait dengan pembelajaran tentang organisasi. Berbagai permainan seperti air mata harapan, bersetubuh dengan bumi, berpacu dengan logika dan kubina kau dengan bismillah memberikan pelajaran tentang kerja sama, koordinasi, fokus, tepat dan cepat strategi, ketenangan dan ketepatan mengambil keputusan dalam waktu singkat. LKMO berakhir pada pukul 12.00 siang. Dalam LKMO tahun ini seluruh pengurus HMJ Akuntansi telah belajar bersama tentang makna dan pentingnya kebersamaan dan jiwa kepemimpinan.




 








hima.aksi.fe.um Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM

Satu Jiwa! Satu Aksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar