Kamis, 17 November 2011

Olimpiade Akuntansi 2011



Minggu, 30 Oktober 2011 HMJ Akuntansi Fakultas Ekonomi Negeri Malang mengadakan final Olimpiade Akuntansi Se Jawa Bali. Ajang ini menjadi penutup dari program kerja besar HMJ Akuntansi periode 2011 setelah Seminar Akuntansi Nasional. Ajang Olimpiade Akuntansi Se-Jawa Bali ini telah dilaksanakan sebanyak lima kali yang dimulai pada tahun 2004. Acara ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat se-Jawa Bali di bidang akuntansi.
Olimpiade ini diadakan melalui tiga tahapan, yakni tahap penyisihan yang diadakan di 9 regional (Malang, Surabaya, Jombang, Kediri, Madiun, Probolinggo, Madura, Banyuwangi, dan Bali) dan tahap semifinal dan final yang diadakan di Universitas Negeri Malang. Tahap penyisihan yang diadakan pada tanggal 16 Oktober 2011 dimeriahkan oleh kurang lebih 400 peserta dari semua SMA, MA, dan SMK Se-Jawa Bali. Pada babak ini peserta mengikuti proses ujian tulis selama 2 jam. Dimana ujian tulis tersebut berisi 70 soal berbahasa Inggris dan 30 soal berbahasa Indonesia dengan bobot soal yang disesuaikan dengan kurikulum masing-masing kategori (SMA/MA dan SMK). Dari penyisihan diambil 28 peserta dari masing-masing kategori untuk mengikuti semifinal dan final yang diadakan di Universitas Negeri Malang. Kemudian diambil 5 peserta yang mengikuti final di aula E3 lantai 2 Fakultas Ekonomi UM.
Prosesi babak semifinal dan final dimulai pada pukul 07.30 WIB. Peserta digiring masuk ke ruang ujian dengan komposisi setiap ruangan berisi 5 orang peserta. Dalam babak penyisihan ini tim soal menyuguhkan soal berupa pembuatan laporan keuangan. Ujian dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Sementara itu guru pendamping dari setiap peserta final mengikuti acara talkshow yang mengangkat tema PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Venue yang digunakan yakni Gedung D4 lantai 4 FE UM yang sering dijadikan venue acara besar Fakultas Ekonomi. Pembicara yang ikut meramaikan serangkaian acara Olimpiade ini yakni Ibu Endang, dosen Akuntansi FE UM



peserta mengerjakan soal ujian tulis 

Setelah ujian tulis semifinal selesai, peserta diberikan waktu istirahat hingga pukul 12.00 WIB. Sementara tim soal mengoreksi hasil pengerjaan peserta. Pukul 12.00 WIB tepat, peserta dikumpulkan di aula E3 lantai 2 FE UM untuk pengumuman hasil semifinal. Terpilihlah 5 peserta untuk masing-masing kategori.
peserta memaparkan presentasi
Babak final dimulai langsung pada pukul 12.00 WIB untuk kategori SMA. Peserta menempuh 4 babak subfinal yang akan menentukan siapa yang menjadi juara. Babak tersebut dimulai dengan babak presentasi, dimana peserta diberikan kesempatan untuk memilih materi yang dipilih oleh mereka secara acak. Materi tersebut berkaitan dengan akuntansi (Inventory, Account Receivable, dll.). Peserta kemudian diberikan waktu selama 10 menit untuk menyiapkan bahan presentasi di ruang khusus pembuatan bahan presentasi. Media yang digunakan berupa laptop, kertas, dan alat tulis. Kemudian bahan tersebut dipresentasikan di hadapan juri dengan selang waktu 10 menit dan juri melakukan sesi tanya jawab di akhir presentasi.


sesi tanya jawab pada babak presentasi 

Sesi adu cepat 
Babak subfinal kedua yakni babak buka amplop, dimana peserta akan disuguhkan dengan 10 soal dan alokasi waktu 10 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan babak adu cepat dimana peserta disuguhkan dengan 20 soal yang dibacakan oleh tim soal. Sepuluh soal pertama bernilai sama dan sepuluh soal kedua memiliki poin bertingkat. Sesi terakhir dari babak final yakni babak taruhan. Atmosfer ketegangan terasa di sesi terakhir ini, dimana peserta mempertaruhkan poin yang sudah diakumulasikan dari sesi pertama hingga sesi terakhir. Pada sesi ini, peserta disuguhkan satu soal menghitung berbahasa Inggris yang dibacakan oleh tim soal. Peserta dengan poin tertinggi menjadi juara.
Sesi SMA berakhir pada pukul 15.00 WIB kemudian diteruskan dengan istirahat dan pukul 15.30 dimulai lagi babak final untuk kategori SMK. Final SMK berakhir pukul 17.00 WIB yang langsung diteruskan dengan penyerahan hadiah kepada seluruh finalis (Juara I, II, III, Harapan I, Harapan II) untuk masing-masing kategori. Juara I SMK didapatkan oleh I Putu Agus Sugiri Putra dari SMKN 2 Denpasar dan untuk kategori SMA didapatkan oleh Mohammad Alfian dari SMAN 1 Genteng. Juara mendapatkan piagam penghargaan, uang pembinaan, dan trophi.





Dalam sesi wawancara yang dilaksanakan selesai acara salah satu yang beruntung menjadi juara menyatakan rasa kagetnya bisa menjadi juara. “Saya sempat pesimis saja bisa mendapat hasil yang maksimal. Apalagi saya masih kelas 2 SMA, saingannya dari kelas 3. Tapi, bersyukur bisa menjadi juara,” tutur I Sunu Agus Putra, siswa SMKN 2 Denpasar.
Bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA, ajang ini menjadi suatu sarana untuk mengasah kemampuan siswa/siswi di bidang akuntansi dan menyiapkan mereka untuk jenjang berikutnya yang lebih kompetitif lagi. Sampai jumpa di Olimpiade Akuntansi 2012. Sure we can.

Juara
Kategori SMA
Kategori SMK
Nama
Asal Sekolah
Nama
Asal Sekolah
Juara I
MOH. ALFIAN
SMAN 1 GENTENG
I PUTU AGUS SUGIRI P.
SMKN 2 DENPASAR
Juara II
GADIS CORNELIA A.
SMAN 1 KEPANJEN
DIANA MAVIANIS S.
SMKN 1 TANGGUL
Juara III
RIASTY DEWI I.
SMAN 3 MADIUN
DEVI WIJAYANTI
SMKN 1 BOYOLANGU
Juara Harapan I
MARISKA OKKY O.
SMAN 1 PROBOLINGGO
NILA WULANDARI
SMKN 1 TANGGUL
Juara Harapan II
ESALIS YHUSZIA R.
SMAK KALAM KUDUS
NI NYOMAN ARTINI
SMKN 1 SINGARAJA
hima.aksi.fe.um Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM

Satu Jiwa! Satu Aksi!

3 komentar:

  1. Good Event. Kapan Olimpiade Akutansi 2012 diadakan???

    BalasHapus
  2. untuk pelaksanaan Olimpiade akuntansi pada tahun ini, insyaallah babak penyisihan akan kami adakan pada tanggal 14 Oktober 2012

    BalasHapus
  3. saat sesi presentasi, apakah peserta menggunakan bahasa inggris juga?

    BalasHapus